Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics

Apakah Anda mencoba menyiapkan Google Analytics untuk situs web Anda? Ini adalah alat yang sangat berguna, tetapi bisa jadi sulit untuk disiapkan. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan Google Analytics dan mulai menggunakannya segera.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics

Pengaturan Akun Analisis dan Properti

Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk memantau lalu lintas di situs web atau aplikasi seluler Anda.

Google Analytics menyediakan berbagai alat bantu dan laporan yang dapat membantu Anda memahami cara pengguna berinteraksi dengan situs web Anda.

Untuk memulai, kunjungi Panduan Memulai Google Analytics.

Dalam panduan ini, kami akan berfokus pada penyiapan akun dan properti di dalam akun Anda, mengonfigurasi tampilan di Google Analytics, membuat profil untuk perangkat (iOS dan Android), dan menambahkan kode pelacakan ke halaman web menggunakan platform Tag Manager.

Pengaturan Akun Analytics dan Properti

Anda dapat menyiapkan properti baru di akun Analitik Anda, membuat tampilan untuk properti tersebut, dan membuat pengguna agar dapat melihat data analitik.

Anda juga dapat menghapus properti dari daftar semua akun dengan mengeklik tiga titik di samping nama properti, lalu memilih Hapus Properti dari menu tarik-turun. Jika Anda memiliki beberapa tampilan yang terkait dengan sebuah properti, hanya satu tampilan yang akan dihapus saat Anda menghapus properti tersebut.

 Mewarisi Pengguna dan Izin dari Akun Google yang Sudah Ada

Agar data Anda tetap terorganisir, penting untuk mengatur izin dengan benar. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengontrol bagaimana pengguna dapat mengakses dan menggunakan akun Anda. Setelah membuat akun, Anda akan diminta untuk mengatur pengguna dan peran untuk setiap pengguna.

Anda bisa membuat peran baru dengan mengeklik tab “Peran” di bilah navigasi sebelah kiri, lalu mengeklik “Buat Peran Baru”. Anda juga dapat menyalin peran yang sudah ada dengan menyeretnya dari satu bagian halaman ke bagian halaman lainnya.

Ketika mengatur izin untuk pengguna, pastikan bahwa setiap pengguna hanya memiliki akses sebanyak yang mereka butuhkan agar mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik (misalnya: jika seseorang membutuhkan akses hanya untuk tujuan pelaporan, berikan mereka izin khusus pelaporan). Jika peran tertentu membutuhkan lebih dari satu jenis izin-misalnya: izin baca/tulis di semua grup iklan dalam sebuah akun-Anda akan memerlukan dua akun terpisah agar setiap akun memiliki izin yang tepat yang diberikan melalui cakupan yang berbeda (baca/tulis).

Membuat Akun Google Baru yang akan digunakan untuk Google Analytics

Anda juga dapat membuat Akun Google baru yang akan digunakan untuk Google Analytics. Hal ini berguna jika Anda ingin menggunakan satu akun untuk beberapa properti dan proyek, namun tidak ingin berbagi akun utama pribadi atau bisnis dengan properti baru.

Untuk membuat akun baru:

  • Masuk ke beranda Akun Google di akun.google.com/SignUp?hl=en-US&pli=1#akun_baru_buat_akun
  • Pada halaman berikutnya, masukkan alamat email dan kata sandi Anda, lalu klik “Lanjutkan”. Sistem akan menanyakan apakah Anda ingin menggunakan autentikasi dua faktor (2FA). Kami sarankan untuk mengaktifkan fitur keamanan ini agar tidak ada orang lain yang bisa masuk sebagai Anda kecuali mereka memiliki akses ke nomor telepon atau kode aplikasi autentikator Anda

Menyiapkan Akun dan Properti Analitik Baru

  • Buat akun baru. Untuk membuat akun Google Analytics baru, buka bagian Admin di Google Analytics dan klik “Buat Akun Baru.” Anda akan diminta untuk mengisi informasi dasar, seperti nama bisnis, alamat situs web, dan alamat email.
  • Siapkan properti. Properti dapat dianggap sebagai payung yang mencakup semua situs web perusahaan Anda-misalnya, jika Anda memiliki domain terpisah untuk setiap departemen dalam organisasi Anda (seperti pemasaran dan penjualan), maka setiap domain akan menjadi propertinya sendiri di Analytics.
  • Menyiapkan tampilan analitik: Tampilan membantu Anda mengatur data pada tingkat yang lebih terperinci daripada yang dilakukan beberapa properti dengan memungkinkan Anda melihat perilaku subset pengunjung yang berbeda saat mereka mengunjungi halaman berbeda di situs Anda atau terlibat dengan berbagai jenis konten (seperti postingan blog). Anda juga dapat menggunakan tampilan untuk membagi sumber trafik yang sama ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan kriteria apa pun yang paling menarik bagi Anda; misalnya, mungkin satu tampilan melacak trafik dari mesin telusur, sementara tampilan lainnya hanya melacak hasil mesin telusur organik?

Pengaturan untuk Akun dan Properti Analitik Baru

  • Menyiapkan akun analitik baru

Untuk memulai, Anda harus menyiapkan akun Analytics. Hal ini dapat dilakukan dengan mengeklik tombol “Siapkan Akun Baru” di bawah menu Dasbor. Anda perlu memasukkan alamat email dan kata sandi, serta mengautentikasi dengan Google. Secara default, semua akun baru memiliki satu properti yang menampilkan data untuk semua situs web yang terdaftar di Google Search Console (sebelumnya bernama Webmaster Tools). Cukup mudah untuk menambahkan lebih banyak properti nantinya jika diperlukan; cukup klik Tambah Properti dari menu Analitik kapan saja setelah masuk.*

  • Menyiapkan properti baru

Anda dapat menambahkan properti dengan mengeklik “Tambah Properti” dari dalam dasbor atau dengan mengeklik “Kelola Pengguna” dari menu tarik-turun Pengaturan yang ada di sudut kanan atas setiap halaman di ruang kerja Anda.* Opsi konfigurasi untuk Segmen Lanjutan mencakup:

Penutup

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami di support@analyticsforwebmasters.com

Post a Comment for "Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics"