Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Jadi Pembuat Aplikasi ? Begini Cara Daftar Google Developer

Google Play adalah toko aplikasi seluler bagi para pengembang untuk mempublikasikan aplikasi dan game mereka. Di dalamnya terdapat sekitar 2,8 juta aplikasi dan game, yang tersedia di semua perangkat Android, termasuk ponsel cerdas, tablet, dan TV. Google Play diluncurkan pada tahun 2008 sebagai Android Marketplace, tetapi diganti namanya pada tahun 2012 untuk fokus pada konten yang disediakan Google. Sejak saat itu, Google Play telah menjadi platform distribusi digital terbesar di dunia dengan lebih dari 130 miliar unduhan aplikasi

Proses pendaftarannya sederhana dan gratis – yang Anda perlukan hanyalah alamat email! Anda akan diminta untuk melengkapi informasi dasar seperti nama, alamat bisnis (jika ada), informasi pajak/penagihan, dan lain-lain sebelum melangkah lebih jauh ke dalam akun developer Anda; informasi ini akan digunakan jika Anda memutuskan untuk menjual aplikasi atau game berbayar melalui Google Play (jika Anda baru saja memulai dengan aplikasi/game gratis, hal ini tidak berlaku). Setelah berhasil menyelesaikannya, Anda akan menerima konfirmasi bahwa semuanya berjalan lancar!

Cara Daftar Google Developer

  • Buka konsol Pengembang > klik disini
  • Klik tombol Buat Aplikasi
  • Pilih opsi yang paling menggambarkan aplikasi Anda dan klik Berikutnya
  • Terima syarat dan ketentuan dan klik Berikutnya
  • Isi detail akun Anda dan klik Simpan

Gulir ke bawah dan pilih “Mulai sekarang”

Di sudut kanan atas layar Anda, Anda akan melihat tombol bertuliskan “Mulai sekarang.” Klik tautan ini.

Sekarang Anda siap untuk mulai mengisi informasi tentang aplikasi Anda.

Siapkan Metode Pembayaran dan Verifikasi Pajak anda

Pastikan Anda memiliki informasi penagihan dan pajak yang lengkap di profil Anda sebelum Anda dapat menerbitkan aplikasi atau game pertama Anda di Google Play.

Anda harus memiliki akun developer untuk menerbitkan aplikasi di Google Play Store. Anda harus menyetujui perjanjian distribusi pengembang sebelum dapat menerbitkan aplikasi, namun setelah Anda setuju, tidak ada biaya lain yang terkait dengan penggunaan Google Play. Jika Anda belum melakukannya, daftar sebagai pengembang di sini: https://play.google.com/apps/publish/.

Menyetujui Perjanjian Distribusi

Ketika Anda membuka Konsol Pengembang untuk pertama kalinya, Anda harus menyetujui Perjanjian Distribusi Pengembang dan membayar biaya pendaftaran satu kali sebesar $25 USD sebelum Anda dapat mempublikasikan aplikasi atau game apa pun.

Setelah ini selesai, Anda dapat mulai mengembangkan!

Bagian: Untuk mendaftar akun pengembang, kunjungi play.google.com/apps/publish, lalu klik Buat aplikasi.

Untuk mendaftar akun pengembang, kunjungi play.google.com/apps/publish, lalu klik Buat aplikasi.

Pada formulir yang muncul, masukkan nama dan alamat email Anda. Kemudian centang kotak yang menunjukkan bahwa Anda telah membaca dan menyetujui Kebijakan Program Pengembang Google Play dan klik Lanjutkan di bawahnya. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk mengisi informasi tentang perusahaan atau organisasi Anda (jika ada). Setelah melakukannya, klik Mulai di layar berikutnya untuk mulai mengisi berbagai formulir lain yang terkait dengan informasi pembayaran, informasi pajak, dll., serta menyiapkan akun Konsol Pengembang Android jika perlu (di sinilah Anda akan mengunggah aplikasi setelah siap).

Proses Pendaftaran

Proses pendaftarannya sederhana dan gratis. Untuk mendaftar akun pengembang, Anda harus memiliki akun Google. Tidak ada biaya untuk mendaftarkan aplikasi atau game pertama Anda di toko. Anda bisa membayar biaya pendaftaran satu kali sebesar $25 USD sebelum Anda bisa mempublikasikan aplikasi atau game apa pun di toko. Keuntungan utama dari hal ini adalah memungkinkan Anda untuk mengunggah aplikasi Anda lebih cepat daripada jika diajukan oleh individu yang tidak memiliki akses ke layanan berbayar ini.

Kesimpulan

Kami tidak sabar untuk melihat apa yang Anda buat selanjutnya!

Post a Comment for "Mau Jadi Pembuat Aplikasi ? Begini Cara Daftar Google Developer"