Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal dan Panduan Menggunakan Fungsi Google Analytics

Google Analytics adalah alat bantu gratis yang mengukur dan menganalisis lalu lintas situs web. Alat ini menyediakan statistik tentang pengunjung situs, termasuk bagaimana mereka menemukan situs web (mesin pencari, rujukan), ke mana pengguna pergi setelah mengunjungi halaman di situs Anda, konten apa yang mereka lihat, usia dan jenis kelamin mereka, berapa lama mereka berada di situs Anda, dan banyak lagi.

Melihat lalu lintas website

  • Kunjungan: Jumlah total kunjungan ke situs Anda pada hari tertentu. Informasi ini dapat digunakan untuk menentukan berapa banyak orang yang mengunjungi situs web Anda, seberapa sering mereka berkunjung, dan apa yang mereka lakukan selama di sana.
  • Tampilan halaman: Jumlah total tampilan halaman yang terjadi dalam satu kunjungan ke situs Anda pada hari tertentu. Hal ini berguna untuk memahami berapa banyak halaman yang dilihat oleh pengunjung selama mereka berada di situs Anda dan halaman apa yang paling populer di kalangan pengunjung.
  • Pengunjung Unik: Pengunjung yang hanya dihitung satu kali selama sesi penelusuran mereka atau beberapa sesi (misalnya, jika mereka pergi dan kembali pada hari yang sama).
  • Rasio Pentalan (Bounce Rate): Persentase pengguna yang keluar dari halaman yang sama saat mereka tiba di situs web Anda

Mengukur konversi penjualan dan kemenangan

Konversi penjualan dan kemenangan biasanya digunakan untuk mengukur kinerja penjualan. Konversi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berapa kali pelanggan menyelesaikan suatu tindakan di situs web atau aplikasi Anda, seperti mengirimkan informasi mereka melalui formulir, mengunduh ebook, atau melakukan pembelian.

Konversi dapat diukur sebagai penjualan (misalnya, saat seseorang melakukan pembelian online) atau kemenangan (misalnya, saat seseorang mengisi formulir kontak Anda).

Pelacakan konversi memberi Anda wawasan tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs Anda dan memungkinkan Anda melacak tindakan spesifik yang diambil oleh pengguna yang mengunjungi setidaknya satu halaman di situs selama sesi tersebut. Saat menambahkan cuplikan kode Google Analytics ke halaman situs web Anda, Anda kemudian dapat menggunakan parameter ini dalam laporan seperti Kontak > Kontak Berdasarkan Jenis Kontak > Tingkat Konversi Jenis Kontak Untuk Melacak Konversi Dalam Laporan Google Analytics Untuk Setiap Jenis Kontak Individu.*

Mengukur kunjungan pembelian

  • fungsi ini untuk mengukur jumlah pembelian yang dilakukan oleh pengunjung
  • fungsi ini untuk mengukur jumlah kunjungan yang menghasilkan pembelian
  • fungsi ini untuk mengukur jumlah kunjungan yang menghasilkan kunjungan

Mengetahui tingkat user engagement

Tingkat keterlibatan pengguna adalah jumlah pengunjung yang mengklik tautan di situs web Anda. Semakin tinggi angka ini, semakin banyak pengguna yang tertarik dengan konten Anda. Jika persentase pengunjung yang tinggi mengklik tautan Anda, ini merupakan indikasi bahwa orang-orang mempercayai apa yang Anda katakan dan menganggapnya berguna atau menarik.

Melihat jenis trafik berdasarkan sumber (domain, search engine, referral)

Anda bisa melihat sumber trafik ke situs Anda dengan melihat laporan “Sumber Trafik” atau dengan memfilter “Sumber/Media”. Secara default, data disusun berdasarkan domain dan kemudian untuk setiap domain, Anda akan melihat perincian berapa banyak trafik yang berasal dari mesin pencari, media sosial, email, dan penelusuran organik.

Sebagai contoh: jika Anda ingin mengetahui berapa banyak trafik yang berasal dari mesin pencari Google di bulan Juni 2016, klik “Google” di bawah Domain > Mesin Pencari > Semua Referensi.

fungsi google analytics adalah dapat mengetahui seberapa banyak traffic yang masuk ke website kita

Google Analytics adalah alat gratis yang bisa Anda gunakan untuk melacak dan menganalisis lalu lintas situs web Anda. Alat ini memungkinkan Anda untuk mengukur berapa banyak orang yang mengunjungi situs web Anda, bagaimana mereka menemukannya, dan halaman apa saja yang mereka lihat.

Google Analytics juga menyediakan detail lengkap tentang kata kunci yang membawa mereka ke sana sejak awal. Dengan cara ini, Anda dapat mengoptimalkan situs Anda untuk kata kunci yang tepat sehingga lebih banyak orang akan menemukannya saat mereka mencari istilah tersebut di Google atau mesin pencari lainnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Google Analytics adalah alat yang bagus untuk digunakan jika Anda ingin mengukur lalu lintas situs web Anda. Gratis, mudah dipasang dan tidak ada batasan berapa banyak situs web yang bisa dipantau. Satu-satunya kekurangannya adalah Anda harus memiliki akses ke situs web yang ingin Anda lacak sebelum menginstalnya (yang berarti memiliki akun).

Post a Comment for "Mengenal dan Panduan Menggunakan Fungsi Google Analytics"