Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Cara Pasang Iklan di Facebook Dari Dasar

Cara Pasang Iklan di Facebook – Facebook adalah tempat yang tepat untuk beriklan, terutama jika Anda ingin menargetkan audiens tertentu. Jejaring sosial ini bisa membantu Anda menjangkau pelanggan baru yang tertarik dengan produk dan layanan Anda, tetapi perlu perencanaan sebelumnya. Dalam artikel ini kita akan membahas langkah-langkah cara beriklan di Facebook:

Buat tujuan untuk iklan Anda

Langkah pertama adalah mendefinisikan masalah yang ingin Anda selesaikan. Sangat menggoda untuk langsung mencari tahu bagaimana Anda bisa menghasilkan uang di Facebook, tetapi ini bukan cara yang dilakukan kebanyakan perusahaan untuk sukses dengan iklan. Pertama, Anda perlu mengetahui apa tujuan Anda, kemudian mencari tahu berapa banyak uang yang akan dibutuhkan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Tujuan Anda harus ambisius dan spesifik; jika tidak, tujuan tersebut tidak akan membantu menginformasikan keputusan Anda sebagaimana mestinya. Semakin spesifik tujuan Anda, semakin mudah bagi Anda (dan orang lain) yang bekerja pada kampanye pemasaran media sosial! Jika seseorang tahu persis hasil apa yang dia inginkan dari kampanye iklan dan dapat mengukur hasil tersebut dengan cukup akurat sepanjang umurnya pada saat tertentu (selama satu hari), maka dia akan dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah melanjutkan ke jalur ini masuk akal secara finansial atau tidak

Siapkan dan isi akun Pengelola Bisnis Facebook Anda

  • Siapkan dan isi akun Facebook Business Manager Anda.
  • Buat akun Facebook Business Manager jika Anda belum memilikinya. Setelah Anda masuk, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Klik “Buat Iklan.” Di jendela berikutnya, masukkan informasi berikut:
  • Nama bisnis atau organisasi Anda (ini harus sesuai dengan yang tercantum di Halaman Facebook Anda)
  • Informasi kontak untuk orang yang akan mengelola iklan untuk akun ini (ini dapat diubah nanti)
  • Alamat situs web perusahaan Anda

Menyusun strategi audiens Anda

Pada titik ini, Anda harus tahu siapa target audiens Anda. Sekarang saatnya mencari cara untuk menjangkau mereka.

Cara terbaik untuk melakukannya tergantung pada tahap mereka dalam perjalanan pembelian dan jenis konten apa yang akan beresonansi dengan mereka (Anda tahu: iklan korsel dengan gambar anjing!).

Misalnya, jika seseorang baru saja mendaftar kartu kredit baru dan suka mendaki gunung, maka Anda harus membuat iklan yang menggunakan gambar dari alam – bahkan mungkin memasukkan beberapa anjing! Anda juga perlu menyertakan informasi mengenai keuntungan menggunakan kartu kredit yang diiklankan dengan menyertakan statistik seperti “hanya bunga 0%” atau “gratis ongkos kirim.”

Buat kampanye iklan pertama Anda

  • Buat kampanye iklan pertama Anda.
  • Buka Manajer Iklan, dan klik Buat Iklan di sudut kanan atas.
  • Pilih tujuan untuk iklan Anda, seperti Penginstalan Aplikasi atau Penayangan Video (ini penting karena ini menentukan bagaimana Anda akan ditagih). Jika Anda belum tahu apa artinya, pilih Lainnya pada tahap ini dan kami dapat membantu Anda setelah kami mengetahui lebih banyak tentang sasaran Anda untuk kampanye!
  • Tentukan siapa yang melihat iklan Anda dengan menyiapkan Audiens untuk mereka: buat audiens khusus atau serupa; tentukan wilayah geografis; buat segmen minat dengan kata kunci dan topik; pilih dari Halaman Facebook yang telah dibuat oleh orang lain yang memiliki minat yang sama dengan minat Anda; targetkan orang yang terhubung dengan bisnis di Facebook… daftarnya masih banyak lagi!

Pilih sasaran iklan

Anda akan menargetkan audiens tertentu dengan iklan Anda, jadi pastikan Anda tahu siapa mereka sebelum memulai.

Facebook memiliki beberapa opsi untuk mencari tahu lebih lanjut tentang audiens target Anda:

  • Lihatlah data yang sudah dimiliki Facebook tentang mereka. Anda bisa melihat usia dan jenis kelamin mereka, di mana mereka tinggal dan bekerja, apa yang mereka sukai dan tidak sukai, perangkat apa yang mereka gunakan, dll. Jika Anda ingin menyesuaikan lebih lanjut daftar orang ini berdasarkan faktor yang lebih spesifik (seperti apakah seseorang memiliki anak dalam rumah tangga mereka atau tidak), ini akan membantu Anda melakukannya juga!
  • Lihatlah pengguna serupa yang telah menunjukkan ketertarikan pada bisnis atau industri Anda. Di sisi kiri layar saat membuat kampanye iklan ada dua tab: satu berlabel “Penargetan” yang menampilkan semua opsi penargetan yang tersedia; tab lainnya berlabel “Audiens” yang memungkinkan pengiklan untuk melihat siapa yang telah berinteraksi dengan konten mereka dan mengikuti tindakan mereka dari waktu ke waktu. Anda juga dapat menggunakan audiens ini sebagai inspirasi untuk membuat kampanye baru karena kampanye yang berhasil biasanya cenderung mengarah ke jenis pelanggan yang sama dengan yang sebelumnya.”

Kembangkan audiens target Anda

Anda bisa menjangkau audiens target yang tepat dengan menggunakan opsi penargetan Facebook. Langkah pertama adalah membuat audiens khusus berdasarkan orang-orang yang menyukai halaman Anda, atau yang telah berinteraksi dengan konten yang Anda posting. Dengan cara ini, Anda akan dapat menjangkau mereka lagi di masa depan dengan iklan lain.

Facebook memiliki beberapa bidang demografis dan minat yang dapat Anda gunakan untuk menargetkan iklan Anda:

  • Rentang usia (13-54)
  • Jenis kelamin (pria atau wanita)
  • Tingkat pendidikan (ijazah sekolah menengah atas)
  • Bahasa yang digunakan di rumah (Inggris – AS)
  • Status hubungan (lajang)

Tentukan penempatan di Facebook dan/atau Instagram

Memutuskan di mana menempatkan iklan Facebook dan Instagram Anda adalah bagian penting dari proses pemasaran.

Facebook dan Instagram bisa digunakan secara terpisah atau bersamaan. Saat Anda memutuskan di mana akan menempatkan iklan Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Penempatan – Di mana Anda ingin iklan Anda muncul?
  • Umpan berita Facebook (disarankan) atau penempatan di kolom sebelah kanan pada komputer desktop saja.
  • Pemirsa – Siapa yang ingin melihat pesan Anda? Anda dapat menargetkan berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, minat, dan perilaku (lihat lebih lanjut tentang penargetan di bawah).

Tetapkan anggaran Anda

Ketika menetapkan anggaran untuk kampanye Facebook Anda, ada tiga hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Total anggaran pemasaran Anda untuk tahun ini. Anda mungkin telah menyisihkan $1 juta untuk semua kampanye iklan digital Anda secara keseluruhan, tetapi jika biaya per klik (CPC) rata-rata adalah $2 dan Anda hanya mendapatkan klik saat orang mengklik iklan di feed mereka, maka target CPC Anda harus lebih rendah dari itu.
  • Berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda. Ini berarti menetapkan anggaran harian tentang berapa banyak yang ingin Anda belanjakan setiap hari (atau minggu), tergantung pada jenis format iklan yang Anda gunakan. Jika iklan tersebut berupa iklan video dan berdurasi lebih dari 30 detik, maka kami sarankan untuk menetapkan anggaran harian yang cukup tinggi agar Facebook bisa secara otomatis berhenti menayangkannya setelah 30 hari atau lebih. Dengan begitu tidak ada yang akan terganggu dengan melihat iklan yang berlangsung selama dua jam!
  • Jenis keterlibatan posting apa yang diperlukan sebelum seseorang menjadi pelanggan yang sebenarnya? Di sinilah kebanyakan perusahaan mengeluarkan biaya iklan yang berlebihan karena mereka menargetkan terlalu tinggi sejak awal – atau tidak tahu tingkat keterlibatan postingan yang benar-benar dikonversi menjadi penjualan dalam kondisi nyata di luar laboratorium atau lingkungan pasar uji coba di mana sebagian besar merek mencoba taktik baru terlebih dahulu sebelum membawanya ke rumah.”

Membuat desain dan salinan yang menarik

  • Gunakan gambar yang menceritakan sebuah cerita.
  • Gunakan gambar yang relevan dengan target audiens Anda.
  • Gunakan teks yang jelas dan ringkas.
  • Gunakan teks yang relevan dengan target audiens Anda.
  • Gunakan teks yang mudah dibaca.
  • Gunakan teks yang menarik

Mengevaluasi kinerja melalui metrik

Anda bisa mengukur keefektifan iklan Facebook Anda dengan melacak metrik. Metrik adalah poin data yang menunjukkan seberapa besar keberhasilan kampanye Anda.

Ada banyak jenis metrik yang bisa Anda lacak, termasuk jangkauan, klik, dan konversi. Jangkauan adalah jumlah orang yang melihat iklan Anda dan mengekliknya (atau menggulirnya) dalam 28 hari terakhir. Klik adalah jumlah orang yang mengklik tautan di iklan Anda dalam 28 hari terakhir. Konversi adalah pesanan yang dibuat atau produk yang dibeli melalui iklan menggunakan fitur Order Per Tayangan Facebook-Anda akan diberitahu melalui email saat ini terjadi sehingga Anda tahu persis berapa banyak uang yang dihabiskan untuk setiap tayangan!

Kesimpulan Dengan strategi yang tepat, beriklan di Facebook bisa membantu Anda menjangkau audiens yang sama sekali baru sebagai pelanggan potensial.

Iklan Facebook dapat menjadi cara yang bagus untuk berinteraksi dengan pelanggan baru, tetapi membutuhkan perencanaan dan eksekusi yang cermat. Iklan Facebook yang sukses membutuhkan strategi yang baik, menyiapkan akun manajemen yang tepat, dan merancang iklan yang menarik yang ditargetkan pada audiens yang tepat.

Kiat Beriklan di Facebook:

  • Buat sasaran spesifik untuk iklan Anda. Jika Anda menjalankan kampanye iklan untuk meningkatkan kesadaran merek di target pasar Anda, jangan berharap semuanya akan langsung terkonversi menjadi penjualan. Sebaliknya, fokuslah untuk membuat orang tetap terlibat hingga mereka siap untuk membeli sesuatu dari Anda di kemudian hari.
  • Siapkan akun Facebook Business Manager Anda dengan semua informasi yang relevan tentang bisnis Anda sebelum memulai kampanye apa pun, sehingga semuanya siap saat dibutuhkan selama proses penyiapan untuk setiap jenis kampanye – seperti membuat satu set iklan atau beberapa iklan!

Penutup

Jika Anda ingin menjangkau audiens baru dan meningkatkan kesadaran merek Anda, iklan Facebook adalah cara yang efektif untuk melakukannya. Ini memungkinkan Anda untuk menargetkan demografi dan minat tertentu, serta menentukan berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan untuk setiap kampanye. Dengan tips ini, kami berharap Anda sekarang lebih mudah beriklan di Facebook!

Post a Comment for "Panduan Cara Pasang Iklan di Facebook Dari Dasar"