Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Mengatasi Google Bisnisku Ditangguhkan

Google Bisnisku (GMB) adalah alat bantu gratis yang membantu Anda mengelola keberadaan online Anda di hasil penelusuran lokal Google dan aplikasi Google Maps. Untuk menggunakan layanan ini, Anda perlu mendaftar akun gratis dan memverifikasi bahwa Anda memiliki atau menjalankan bisnis yang Anda klaim di GMB. Setelah akun Anda diverifikasi, Anda dapat mengakses semua fitur yang tersedia di Google Bisnisku:

Apa yang Dianggap Sebagai Pelanggaran?

Google Bisnisku membantu Anda mempromosikan bisnis Anda secara online dan mengelola keberadaan online Anda. Ini adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda untuk mengklaim dan memverifikasi daftar bisnis Anda, menambahkan foto, video, dan penawaran ke daftar Anda. Anda juga dapat menanggapi ulasan di Google Review untuk Bisnis.

Jika Anda melanggar kebijakan konten pengguna, kami dapat menangguhkan atau menghentikan proses verifikasi akun Anda. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin tidak dapat mengakses fitur tertentu di Google Bisnisku atau produk Google lainnya hingga kami memulihkan verifikasi akun Anda.

Buka akun Google Bisnisku Anda

Jika saat ini Anda belum masuk ke akun Google Bisnisku, masuklah dengan akun Google Anda.

Setelah masuk ke akun Anda, klik ikon “setelan” di bagian kanan atas layar. Kemudian klik “kelola” di bawah nama bisnis Anda (ditandai dengan lingkaran merah dengan angka 1 putih di sebelahnya).

Terakhir, klik “ditangguhkan” di bawah kolom “status” (ditandai dengan lingkaran oranye yang telah dicoret).

Jangan menambahkan ulasan palsu tentang bisnis Anda.

Google tidak ingin memberi penghargaan kepada bisnis yang mencoba mempermainkan sistem. Ini merupakan pelanggaran yang dapat dicatat dan dapat mengakibatkan penangguhan akun Google Bisnisku.

Jangan menambahkan ulasan palsu tentang bisnis Anda. Jika sudah, segera hapus!

Jangan meminta orang untuk menulis ulasan palsu tentang bisnis Anda. Jangan pula meminta pesaing untuk menulis ulasan buruk tentang bisnis Anda – hal ini melanggar hukum! Dan jangan pula membayar orang lain (atau diri Anda sendiri) untuk menulis ulasan palsu; hal ini juga melanggar kebijakan Google

Jangan menawarkan uang atau produk sebagai imbalan atas ulasan

Jangan menawarkan uang atau produk sebagai imbalan atas ulasan. Google menganggap praktik ini menyesatkan dan menipu pengguna, serta dapat mengakibatkan daftar Anda ditangguhkan.

Jangan membayar orang untuk menulis ulasan. Anda tidak boleh meminta ulasan dari pelanggan dengan cara apa pun, termasuk meminta mereka secara langsung, memberikan diskon sebagai imbalan atas ulasan tersebut, atau menawarkan produk gratis sebagai insentif untuk ulasan.

Jangan meminta karyawan Anda untuk menulis ulasan pada daftar mereka sendiri di tempat kerja. Jika Anda ingin mereka memiliki akses untuk menulis konten yang berhubungan dengan bisnis secara online, kami sarankan untuk membuat akun terpisah yang hanya mengizinkan mereka mengaksesnya dengan masuk ke akun tersebut dari luar kantor (misalnya, rumah). Hal yang sama berlaku untuk teman dan anggota keluarga-jika mereka bekerja di bisnis Anda di luar peran resmi mereka di perusahaan (misalnya, manajer pemasaran), maka mereka tidak boleh memposting tentang diri mereka sendiri dengan menggunakan kredensial tersebut di situs media sosial seperti Google+.

Jangan memposting foto palsu bisnis Anda

Jangan memposting foto palsu bisnis Anda.

Google Bisnisku (GMB) adalah database yang dapat Anda gunakan untuk mengelola informasi bisnis dan mengetahui apa yang terjadi pada listing Anda. Saat seseorang mencari nama bisnis Anda, GMB menampilkan hasil berdasarkan lokasi pengguna dan informasi yang relevan tentang perusahaan Anda. Untuk membantu pengguna menemukan detail yang akurat dan terkini tentang bisnis, Google telah membuat aturan tertentu yang berkaitan dengan bagaimana bisnis dapat direpresentasikan di Google Maps. Dan terkait dengan gambar, ada tiga hal utama yang mereka ingin agar diketahui oleh bisnis:

  • Jangan gunakan foto stok;
  • Jangan gunakan foto bisnis pesaing;
  • Jangan gunakan foto lama atau yang sudah usang (jika Anda pernah ditangguhkan).

Pastikan Alamat Anda Akurat dan Terkini

Pastikan alamat Anda akurat dan terbaru. Jika Anda mengubah alamat, perbarui informasi di Google Bisnisku sesegera mungkin.

Jika Anda pindah ke lokasi baru, atau mengubah kepemilikan bisnis, perbarui juga alamat Anda di Google Bisnisku. Hal ini untuk memastikan bahwa pelanggan yang sebelumnya telah menemukan Anda melalui Google Maps masih dapat menemukan Anda meskipun mereka tidak dapat melihat lokasi lama di peta.

Demikian pula, jika ada perubahan lain yang mungkin ingin diketahui pelanggan-seperti perubahan jam operasional atau nomor telepon-buatlah pembaruan tersebut juga!

Pastikan Bisnis Anda dikategorikan dengan benar.

Pastikan bisnis Anda dikategorikan dengan benar.

Jika belum, tambahkan kategori ke bisnis Anda. Kemudian, jika perlu, tambahkan subkategori ke masing-masing kategori utama ini. Jika Anda tidak melihat kategori yang sesuai dengan bisnis Anda, mintalah atau sarankan dengan mengeklik tombol “Minta” di samping “Kategori”.

Ikuti langkah-langkah berikut jika Google Bisnisku menangguhkan Anda

Jika Anda melihat bahwa bisnis Anda telah ditangguhkan, jangan panik dan jangan berharap untuk mendapatkannya kembali dengan segera. Diperlukan waktu hingga 72 jam agar penangguhan dicabut. Anda perlu memperbaiki masalah apa pun dan membuktikan bahwa Anda telah mengikuti panduan Google sebelum mereka akan memulihkan akun Anda.

  • Pastikan semua informasi Anda diisi dengan benar dan lengkap. Jika ada kolom yang hilang atau tidak lengkap, isi sebaik mungkin dan kirimkan kembali untuk ditinjau (jika ada).
  • Pastikan Anda telah mengkategorikan bisnis Anda dengan benar sesuai dengan jenisnya (toko e-niaga vs lokasi ritel) agar pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari dengan lebih mudah di halaman hasil penelusuran * Pastikan tidak ada pelanggaran persyaratan layanan atau aturan lain yang dapat menyebabkan penangguhan akun Google Bisnisku * Jika tidak ada hal lain yang terlihat salah saat ditinjau, coba tunggu satu hari lagi sebelum mengajukan kembali permintaan pemulihan akun setelah 72 jam berlalu

Kesimpulan

Mengikuti langkah-langkah berikut ini akan membantu menjaga akun Google Bisnisku tetap aman dan membantu Anda menghindari masalah di masa mendatang. Jika Anda mengalami penangguhan, ingatlah bahwa ini bukanlah akhir dari segalanya! Anda dapat dengan mudah memulihkan diri dari penangguhan dengan mengikuti tips di atas.

Post a Comment for "Tips dan Trik Mengatasi Google Bisnisku Ditangguhkan"